Gejala Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah kondisi medis yang sangat menyakitkan dan kompleks yang bisa sangat sulit untuk dipahami oleh pasien. Rasa sakit yang datang seiring dengan kondisi ini bisa sangat parah dan dapat membuat bahkan aktivitas sehari-hari yang sederhana terasa mustahil untuk dilakukan. Hal-hal seperti berbicara, mengunyah, dan bahkan menyikat gigi bisa menjadi sangat menyakitkan dan hampir tidak mungkin dilakukan. Yang khas pada gejala trigeminal neuralgia adalah distribusi nyeri yang spesifik di salah satu sisi wajah : bila yang terkena adalah saraf V1, nyeri dirasakan di sekitar mata dan dahi;  bila yang terkena adalah saraf V2, nyeri dirasakan di sekitar pipi; bila yang terkena adalah saraf V3, nyeri dirasakan di sekitar rahang sampai telinga. 

Jika Anda mencurigai memiliki trigeminal neuralgia sangat penting bagi Anda untuk segera mencari bantuan dari profesional medis. Ketika Anda mengunjungi dokter untuk kondisi ini, mereka akan mengambil riwayat medis yang komprehensif dari Anda, termasuk durasi gejala Anda dan jenis nyeri yang Anda alami. Selain itu, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik yang tepat pada wajah Anda untuk mencari tanda-tanda involunter otot atau hilangnya sensasi. Sementara tes seperti CT scan atau MRI mungkin diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab sakit wajah lainnya seperti tumor, pemeriksaan neurologis juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi semua ketidaknormalan dalam fungsi saraf. 

Setelah trigeminal neuralgia didiagnosis Dokter Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk menentukan tindakan terbaik untuk kondisi Anda secara khusus.