Terapi Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit pada wajah yang parah di area yang dipasok oleh saraf trigeminal. Pilihan pengobatan untuk kondisi ini termasuk obat-obatan, operasi, dan terapi lainnya. Terapi trigeminal neuralgia dimulai dari terapi konservatif, yaitu dengan obat-obatan. 

Obat-obatan yang umum digunakan untuk mengatasi trigeminal neuralgia termasuk antikonvulsan, seperti karbamazepin, gabapentin, dan fenitoin. Obat-obatan ini membantu mengurangi intensitas dan frekuensi dari serangan rasa sakit. Dari penelitian, terbukti terapi konservatif ini memiliki keberhasilan sebesar 88% untuk mengurangi nyeri trigeminal neuralgia sebesar > 50%. 

Operasi umumnya dipertimbangkan ketika obat-obatan gagal mengurangi nyeri atau jika ada kebutuhan untuk pengendalian nyeri jangka panjang. Ada berbagai prosedur operasi yang tersedia untuk mengobati kondisi ini.

Selain obat dan operasi, terapi lain seperti radiofrekuensi ablasi juga dapat membantu mengatasi rasa sakit yang terkait dengan neuralgia trigeminal. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk menentukan rencana pengobatan yang paling tepat untuk setiap kasus individu.