Terapi Trigeminal Neuralgia

Terapi Trigeminal Neuralgia, Apa benar-benar efektif menghilangkan nyeri ?

Terapi Trigeminal Neuralgia dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada penderita nyeri wajah. Trigeminal neuralgia merupakan suatu kondisi nyeri yang dialami oleh seseorang pada salah satu bagian sisi wajah. Kondisi nyeri pada sebagian wajah ini terjadi secara berulang.

Serangan nyeri tersebut dapat terjadi dan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat yaitu selama beberapa detik atau bisa juga terjadi dalam hitungan menit. Beberapa orang mengalami rasa sakit yang cukup ringan dan seperti ditusuk-tusuk saja. Namun beberapa orang lagi bisa saja mengalami rasa sakit yang cukup berat dengan frekuensi yang lebih sering.

Bahkan rasa sakit tersebut terasa seperti disetrum listrik. Tentu saja rasa sakit yang muncul ini sangat menyiksa penderitanya sehingga orang yang mengalaminya tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan normal.

Pada praktiknya Terapi Trigeminal Neuralgia tidak bisa menghilangkan nyeri secara tuntas. Namun lebih untuk mengurangi rasa nyeri pada wajah yang begitu menyiksa. Untuk menyembuhkan gangguan trigeminal neuralgia tentunya dapat menjalani beberapa jenis terapi di bawah pengawasan dokter. Adapun beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan untuk menangani trigeminal neuralgia antara lain sebagai berikut.

Obat Oxykarbazepine atau Trileptal

Obat jenis ini memiliki kegunaan yang hampir sama dengan karbamazepine yaitu untuk meredakan dan meringankan rasa sakit yang dialami oleh penderita trigeminal neuralgia. Obat ini dapat mengatasi rasa sakit yang timbul pada pasien dengan baik. Selain itu obat ini memiliki efek samping dengan kadar yang lebih rendah. Obat ini harus diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Obat Gabapentin

Obat jenis ini memiliki daya efektif yang hampir sama dengan karbamazepine. Namun obat ini memiliki efek samping yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan karbamazepine. Gabapentin juga sama dengan obat yang lain yaitu penghentian konsumsi obat ini harus dilakukan secara bertahap.

Obat Karbamazepine

Karbamazepine merupakan obat analgesik yang berfungsi untuk meringankan gejala sakit atau nyeri. Gejala sakit atau nyeri tersebut dapat diredakan dan berkurang apabila pasien mau mengonsumsi obat jenis ini sesuai dengan aturan dosis dan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Namun pasien yang mengonsumsi obat ini harus rajin melakukan kontrol agar tidak mengalami berbagai macam efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat tersebut.

Obat Phenytoin

Obat ini memiliki fungsi yang sama dengan karbamazepine dan oxykarbazepine yaitu untuk meredakan rasa sakit atau nyeri yang timbul pada penderita trigeminal neuralgia. Obat jenis ini bersifat anti konvulsi namun tidak sepenuhnya dapat menyebabkan depresi umum.

Obat Baklofen atau Lioresal

Baklofen tidak dapat bekerja dengan maksimal seperti halnya karbamazepine dan phenytoin. Namun obat ini cenderung dapat menjadi lebih efektif apabila penggunaannya dikombinasikan dengan obat-obat tersebut. Obat jenis ini lebih disarankan untuk pasien yang mengalami rasa nyeri dengan tingkat ringan. Selain itu obat ini juga bisa diberikan kepada pasien yang baru pertama kali mengalami gejala trigeminal neuralgia.

Solusi Akhir Selain Terapi Trigeminal Neuralgia

Dokter dapat memberikan terapi farmakologis sebagai upaya pengobatan Trigeminal Neuralgia. Jika upaya ini menimbulkan berbagai efek samping, dokter akan merekomendasikan beberapa alternatif lain seperti Microvascular Decompression dan Rhizotomy.

Microvascular Decompression untuk Trigeminal Neuralgia merupakan metode bedah saraf yang bertujuan untuk menghilangkan tekanan langsung pada saraf trigeminal.

Rhizotomy merupakan metode pengobatan dengan cara merusak fungsi saraf wajah, dapat menggunakan radiofrekuensi, injeksi gliserol dan kompresi balon.

Demikian beberapa macam terapi trigeminal neuralgia. Terapi ini dapat diberikan pada pasien dengan disesuaikan pada kondisi masing-masing penderita. Sehingga kondisi penderita membaik dan penyakit tidak kambuh kembali.

One Comment
  1. Reply
    Monita

    Slmt pagi dokter, saya mau bertanya, Apa efek samping menggunakan radio frequensi dalam waktu lama? Apakah tdk menimbulkan rusaknya indra perasa? Mohon penjelasannya. T. Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Book Online

Appointment Now