Penyebab Nyeri Wajah

Penyebab Nyeri Wajah
01Okt, 2018

Penyebab Nyeri Wajah yang Harus Kamu Ketahui

Pernahkah anda bayangkan betapa sakitnya mencabut gigi tanpa obat bius? Kira-kira seperti itulah sakit yang ditimbulkan oleh penyakit Neuralgia Trigeminal ini. Bagi anda yang pernah mengalami nyeri separuh bagian wajah dan memicu rasa sakit pada gigi, gusi serta area mulut, segeralah waspada.  Rasa sakit yang timbul bisa jadi dipicu oleh penyakit Neuralgia Trigeminal. Meski demikian, jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit langka yang jarang terjadi. Penyakit Neuralgia Trigeminal, bisa menimbulkan rasa nyeri akibat adanya persentuhan saraf dengan pembuluh darah.

Penyebab penyakit ini belum diketahui pasti. Terkadang, penyakit dapat muncul setelah pencabutan gigi, trauma saraf wajah, infeksi virus herpes, atau penekanan pada saraf wajah akibat pembuluh darah atau tumor. Namun para ahli sepakat bahwa ada tiga kemungkinan besar penyebab nyeri wajah. Berikut ini adalah penyebabnya :

Penekanan Syaraf

Sekitar 80% hingga 90% penyakit Neuralgia Trigeminal, disebabkan adanya penekanan syaraf trigeminus oleh pembuluh darah arteri atau pembuluh vena yang berada di dasar otak. Penekanan bisa terjadi akibat tumor otak, penyakit skelorosis multipel serta kista. Pada sklerosis multiple, selubung saraf tengah mengalami kerusakan sehingga penderita akan mengalami gangguan fungsi saraf. Sklerosis multiple atau jenis tumor yang jinak biasanya bisa dideteksi dengan penggunaan alat MRI otak berkualitas tinggi.

Proses Penuaan

Selain dikarenakan tekanan pada syaraf, Neuralgia Trigeminal juga bisa disebabkan karena proses penuaan seseorang. Terdapatnya pembuluh darah yang tidak normal juga bisa memicu terjadinya neuralgia trigeminal.

Penyakit Berat

Penyebab lainnya yang memungkinkan adalah penyakit berat seperti posterior tumor fossa, aneurisma, kista arachnoid, cedera traumatis, penyakit batang otak atau stroke. Terkadang penyakit Neuralgia Trigeminal tidak ditemukan secara pasti apa penyebabnya. Neuralgia Trigeminal jenis ini biasa disebut dengan idiopatik trigeminal neuralgia. Kondisi tersebut susah untuk didiagnosa mengingat penyebab yang tidak jelas.

Meski trigeminal neuralgia sangat menyulitkan dan mengganggu kualitas hidup penderitanya, namun kasus ini dapat dikendalikan. Jika anda memiliki keluhan Nyeri Wajah Akibat Trigeminal Neurlgia silahkan konsultasikan keluhan anda kepada kami. 

Konsultasi Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *