Nyeri wajah karena kekurangan vitamin B12

Nyeri Wajah Trigeminal Neuralgia, Begini Cara Penanganannya di Arfa Neuro Facial Pain Clinic

Jika suatu kali Anda merasakan nyeri wajah yang terasa sangat mengganggu tapi Anda yakin gigi Anda baik-baik saja. Waspadalah. Bisa jadi itu adalah nyeri dari trigeminal neuralgia. Apalagi jika nyeri wajah tergolong kronik, yakni berlangsung selama 3 bulan berturut-turut.

Nyeri wajah trigeminal neuralgia biasanya akan terasa menyebar ke area rahang, pipi dan dahi di atas mata. Trigeminal neuralgia adalah kondisi kronis yang mempengaruhi saraf trigeminal. Kondisi ini memicu sensasi nyeri dari wajah ke otak.

“Gejala awal yang sering terjadi pada pasien dengan trigeminal neuralgia adalah nyeri di wajah yang terjadi secara spontan, dalam waktu yang singkat,” kata Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, pakar masalah nyeri wajah dari Arfa Neurofacial Pain Clinic.

Ditambahkan oleh Dr. Heri Aminuddin, SpBS(K), Spesialis Bedah Saraf dari Arfa Neurofacial Pain Clinic, Jakarta, trigeminal neuralgia juga dapat terjadi akibat penekanan tumor di saraf trigeminal. Tidak menutup kemungkinan trigeminal neuralgia terjadi akibat adanya lesi di otak atau beberapa kondisi kesehatan yang meliputi luka bedah dan stroke.

Sifat-sifat Trigeminal Neuralgia

Anda curiga mengalami nyreri wajah trigeminal neuralgia? Jangan sepelekan, karena :

– Nyeri trigeminal neuralgia bersifat progresif.
– Bisa berlangsung semakin lama durasinya dan semakin sering serangannya.
– Trigeminal neuralgia lebih sering menyerang wanita dibanding pria.
– Kondisi ini juga lebih sering menyerang mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Untungnya kini tersedia berbagai pilihan penanganan. Terserang trigeminal bukan berarti hidup Anda akan berakhir dalam kondisi nyeri yang terus menerus.

Para dokter seperti di Arfa Neuro Facial Pain Clinic akan bisa memberikan solusi terbaik untuk kondisi Anda ini. Baik dengan pengobatan, injeksi atau dengan pembedahan.

Gejala Trigeminal Neuralgia

Dari kepustakaan yang ada disebutkan bahwa nyeri trigeminal neuralgia cenderung memiliki pola sebagai berikut:

  1. Beberapa episode dari nyeri yang tajam yang mirip rasanya seperti tersetrum listrik tegangan tinggi.
  2. Serangan spontan dari dari rasa nyeri yang dipicu oleh hal-hal sederhana seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau menggosok gigi, berbicara, bermake up, terkena angin sepoi-sepoi, tersenyum atau mencuci wajah.
  3. Serangan nyeri bisa berlangsung selama beberapa detik sampai beberapa menit, sampai beberapa bulan.
  4. Episode serangan bisa berlangsung beberapa hari, pekan, bulan atau lebih lama lagi. Beberapa orang malah merasakan periode mereka tak mengalami serangan nyeri.
  5. Rasa sakit terasa konstan ringan hingga berat, seperti sengatan listrik sebelum kemudian berubah menjadi rasa kejang.
  6. Nyeri trigeminal biasanya terfokus pada satu titik, meski tidak menutup.
    kemungkinan nyeri kemudian menyebar membentuk pola yang lebih luas di wajah.
  7. Nyeri di daerah yang disuplai oleh saraf trigeminal, termasuk pipi, rahang, gigi, gusi, bibir, atau mata dan dahi.
  8. Nyeri memengaruhi satu sisi wajah pada satu waktu.
  9. Nyeri terfokus pada satu titik atau menyebar dalam pola yang lebih luas.
  10. Serangan akan berkembang lebih sering dan intens dari waktu ke waktu.

Penyebab Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia punya nama lain: tic douloureux. Inti masalahnya berada pada fungsi saraf trigeminal terganggu. Para pakar nyeri di dunia berpendapat, kasus trigeminal neuralgia paling banyak di dapatkan pada cabang saraf trigeminal V2 dan V3 (32%).

Biasanya, masalahnya adalah kontak antara pembuluh darah normal – dalam hal ini, arteri atau vena – dan saraf trigeminal di dasar otak. Kontak ini memberi tekanan pada saraf dan menyebabkannya tidak berfungsi.

Trigeminal neuralgia dapat terjadi sebagai akibat dari penuaan, atau bisa juga berhubungan dengan multiple sclerosis atau kelainan serupa yang merusak selaput mielin yang melindungi saraf tertentu. Seperti disampaikan Dr. Heri Aminuddin, SpBS(K) juga dapat disebabkan oleh tumor yang menekan saraf trigeminal, cedera bedah, stroke atau trauma wajah mungkin jadi penyebab kondisi ini

Jenis-jenis Trigeminal Neuralgia

Ada beberapa pembagian jenis trigeminal neuralgia dan nyeri yang umumnya muncul pada pasien.

  1. Tipe 1 (klasik).
    Nyeri umumnya terjadi secara spontan dengan durasi nyeri umumnya. Sifatnya juga episodik.
  2. Tipe 2 (atipikal).
    Nyeri datang secara spontan dengan durasi nyeri yang terjadi konstan (terus menerus).
  3. Tipe 3 (injury).
    Kondisi ini terjadi oleh karena trauma ataupun bekas operasi sinus.

Sedangkan pada secondary trigeminal neuralgia profil nyeri yang tampak pada pasien dapat berupa multiple sklerosis.

Apa yang Bisa Dilakukan Dokter?

Jika Anda mengalami nyeri wajah, terutama nyeri yang berkepanjangan atau berulang atau rasa sakit yang tidak berkurang oleh penghilang rasa sakit yang dijual bebas, temui dokter Anda. Pilihan terapi meliputi mulai dari pemberian obat-obatan, suntikan dan operasi serta teknologi minimal invasif seperti radiofrekuensi ablasi.

Diagnosis trigeminal neuralgia didasarkan pada rasa nyeri yang disampaikan pasien kepada dokter, yang meliputi: tipe, lokasi, dan pencetus nyeri.

Beberapa pemeriksaan mungkin dilakukan dokter untuk memastikan diagnosis
trigeminal neuralgia, diantaranya:

  1. Pemeriksaan neurologis. Dokter mungkin akan menyentuh bagian wajah Anda, hal ini dilakukan untuk memastikan lokasi dimana rasa sakit itu berasal. Tidak menutup kemungkinan cabang-cabang saraf trigeminal juga mengalami nyeri.
  2. Test refleks juga membantu dokter menentukan apakah terjadi penekanan pada saraf atau kondisi lainnya.
  3. Magnetic resonance imaging (MRI). Dokter mungkin menyarankan Anda melakukan pemeriksaan MRI, hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya multiple sklerosis.
  4. Pada beberapa kasus dokter mungkin menyuntikan zat pewarna ke dalam pembuluh darah untuk mengetahui aliran vena atau arteri (magnetic resonance angiogram).

Terapi untuk Mengatasi Trigeminal Neuralgia

Terapi trigeminal neuralgia umumnya dimulai dengan pemberian obat-obatan. Namun pada sebagian orang, terapi ini tidak memberikan hasil yang baik, atau disertai efek samping yang tidak menyenangkan. Pada kelompok tersebut, terapi injeksi atau operasi bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri yang disebabakan trigeminal neuralgia, diantaranya:

  1. Antikonvulsan.
    Efek samping obat anti konvulsan yang sering muncul pada pasien seperti pusing, mual, mengantuk.
  2. Antispasmodic
    Obat relaksa untuk otot digunakan sebagai obat tunggal atau sebagai kombinasi. Efek samping yang mungkin muncul pada pasien meliputi rasa mual dan kantuk.
  3. Bot*ks. Beberapa penelitian menyebutkan peran bot*ks A
    (onabot*ks A) dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan trigeminal neuralgia, terutama pada individu yang tidak merespon dengan obat- obatan konvensioanal.

Tindakan Selain Obat-obatan 

  1. Pembedahan
    Terdapat beberapa teknik pembedahan yang dapat dilakukan pada pasien dengan trigeminal neuralgia. Misalnya dekompresi mikrovaskular atau pemindahan atau penghilangan pembuluh darah yang mengalami kontak/ menekan saraf trigeminal, dan mengembalikan fungsi saraf kembali normal.

Pada prosedur ini dokter akan membuat sebuah sayatan di bagian belakang telinga pada sisi wajah yang mengalami rasa sakit. Lewat lubang tersebut dokter memindahkan pembuluh darah atau saraf, dan kemudian menempatkan sebuah bantalan lembut diantaranya. Dapat juga dilakukan pemotongan saraf trigeminal (neurectomy).

“Dekompresi mikrovaskular terbukti efektif menghilangkan atau mengurangi rasa sakit yang dialami pasien trigeminal neuralgia,” kata dr. Heri Aminuddin. Namun teknik ini memiliki beberapa risiko, diantaranya penurunan fungsi mendengar, wjah menjadi kendur, mati rasa
pada derah wajah.

2. Stereostaktik radiosurgery
Prosedur ini juga dikenal sebagai gamma knife, dokter akan memberikan radiasi terfokus dengan dosis tertentu pada saraf trigeminal pasien. Tindakan radiasi ini diharapkan mampu mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien. Prosedur ini dapat dilakukan hingga beberapa kali.

3. Radiofrekuensi ablasi
Saat ini radiofrekuensi ablasi merupakan teknik minimal invasive yang dapat diharapkan pada pasien trigeminal neuralgia tanpa harus melakukan rawat inap di rumah sakit (one day care).

Perbandingan Berbagai Jenis Penanganan

Teknik perkutan seperti radiofrekuensi juga terbukti memberikan hasil yang memuaskan dengan tingkat keberhasilan terapi mencapai 90%, dengan tingkat kekambuhan yang juga lebih tinggi dibaningkan teknik bedah mikro.

Pada mereka pasien trigeminal neuralgia usia lanjut radiofrekuensi ablasi merupakan pilihan terapi terbaik dibandingkan bedah mikro terkait morbiditas dan mortalitas yang cukup tinggi saat harus dilakukan terapi menggunakan teknik bedah mikro.

Pengobatan menggunakan teknologi radiofrekuensi (RF) perkutan pada saraf sensorik trigeminal yang merupakan akar dari retrogasserin terbukti aman dan sangat menjanjikan untuk menghilangkan rasa sakit yang dialami pasien dengan efektivitas terapi yang mampu bertahan lama.

“Bahkan teknik ini memiliki angka keberhasilan dalam menggurangi rasa sakit yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teknik radiosurgical atau pembedahan lainnya,” kata dr. Mahdian. Radiofrekuensi perkutan dilakukan dibawah guidance fluroskopi uniplane dalam prosedur pencitraan radiologi di rumah sakit atau klinik. Tindakan anastesi intravena dan intramuscular digunakan dalam prosedur radiofrekuensi perkutan. (***)

41 Comments
  1. Reply
    susilawaty

    Saya menderita nyeri wajah selama lebih kurang 7 tahun. Apakah masih bisa disembuhkan.

    • Reply
      nyeriwajah

      Selamat sore ibu Sulis. Insyaaallah bisa disembuhkan. Ibu tinggal dimana, Silahkan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter-dokter kami di Klinik Nyeri wajah Arfa di Jakarta. terimakasih

  2. Reply
    Duma indah sari

    Nyeri di pipi sebelah kiri samping hidung …timbul kakau ada gerakan 2 tertentu di sekotar wajah

    • Reply
      nyeriwajah

      Ibu Indah selamat sore. Apakah sudah pernah melakukan pemeriksaan ke dokter atau klnik sebelumnya. Terkait kondisi ini?

  3. Reply
    Paulus

    Bisa sy bertahya tanya dan hub sy di nomor Hp 081317772928 tq

    • Reply
      nyeriwajah

      Selamat sore pak Paulus. Silahkan untuk menghubungi melalui Whatsapp di nomer 081384464245.

  4. Reply
    diana

    saudara saya menderita penyakit ini.. dia juga ada riwayat penyakit ginjal .. apakah dgn ada nya riwayat penyakit ginjal bisa dilakukan operasi utk menyembuhkan sakit trigeminal ini?

    • Reply
      nyeriwajah

      Teknologi minimally invasive surgery seperti radiofrekuensi ablasi bisa jadi solusi untuk mereka dengan komplikasi penyakit lain sepertio ginjal atau diabetes. Terimakasih

      • Reply
        Shafira

        Saya mengalami sakit sekitar wajah dekat telinga ,gmna solusinya dok?

        • Reply
          nyeriwajah

          terapi tergantu dari kondisi pasien, seringnya nyeri dan intensitas nyerinya. terapi yang dilakukan di klnik kami mulai dari obat oral, suntikan, radiofrekuensi ablasi hingga pembedahan.

  5. Reply
    Eva

    Usia ku masih 29 thn. Sudah prh konsul dr.saraf tp disaranin monim oba. Dan saya jg ngk mau operasi. Tp kadang2 masih ttp sakit jg. Uda 3 thn rasain sakitnya. Kira2 pengobatan apa yg hrs dilakukan ya selain operasi. Thks

    • Reply
      nyeriwajah

      Pada kasus ibu, terapi menggunakan radiofrekuensi ablasi bisa menjadi solusi. Selain proses recovery yang cepat, radiofrekuensi ablasi dalam beberapa penelitian memeiliki angka keberhasilan terapi yang cukup baik antara 80-90%. Terimakasih

  6. Reply
    Firma J Allagan

    sy thn 2012 sdh MVD, namun 2019 ini timbul serangan2 skala 5 – 7 bahkan sy sdh kembali konsumsi Tregetol 1 pagi dan 1 malam
    mhn penjelasan
    1. knp bisa kambuh lg
    2. apakah betul tindakan RF lbh baik?

    • Reply
      nyeriwajah

      kemungkinan kambuh kembali ada, bisa kerana tampon yang bergeser atau juga ada masalah lagi di saraf trigeminus yang lokasinya berdekatan. Untuk memesatikan harus dilakukan pemeriksaan. Dari hasil di klinik dan penelitian menunjukan bahwa, RF dan MVD memiliki tingkat efektivitas terapi yang hampir sama antara 80-90% mengatasi trigeminal neuralgia. Namun ini bergantung juga pada kondisi pasien atau penyakit lain yang mendasari terjadinya trigeminal neuralgia. Terimakasih

  7. Reply
    Mourina

    Selamat pagi
    Saya mau tanya, sakit pipi saya dibagian kanan atas samping telinga sakit sdh 2 hari,, teerasa
    Saat mau menguap dan makan..
    Saya mau tanya itu gejala apa ya .tq

    • Reply
      nyeriwajah

      masalah nyeri di wajah terutama saaat membuka mulut kemungkinan besar disebabkan masalah sendi pada rahang. Diskolasi, maslalah otot dapat menjadi pemicunya. SIlahkan datang ke klinik kami untuk pemeriksaan lebih lanjut? Terimakasih

  8. Reply
    Ervan

    Apabila setelah operasi berapa lamakah pasien tidak kambuh lagi.. Tks

    • Reply
      nyeriwajah

      beberapa penelitian dan hasil klinik di klinik kami menunjukan 80% pasien teratasi nyerinya dengan baik. Selama 2 tahun pasien juga belum mengalami serangan kembali. Terimakasih

  9. Reply
    Hanny

    Muka sebwlah kiri terasa kebas kebas leher spt ketarik bagian kiri apakah ini sdh masuk trigeminal neuralgia

  10. Reply
    Misha

    Ini dok, area rahang kanan saya nyeri berdenyut2. Hal ini sudah pernah terjadi sekitar 10 hari sebelumnya, dlm 10 hari itu kadang sakit sekali kadang tidak. sekarang sakit lagi hingga ke bagian bawah mulut. Saya bingung apakah ini kelainan saraf atau karena sakit gigi ? Karena gigi bawah graham saya juga berlubang tp saat itu area sakitnya tidak separah ini. Saya bahkan tdk bisa senyum. Saya blm memeriksakan ke puskesmas saya niatan cabut gigi tp blm ada waktu smp sekarang malah sakit lagi. Saya mengkonsumsi obat neuralgin 1/2 tablet dan antibiotik 1 tablet.

    • Reply
      nyeriwajah

      COba konsultasikan ke dokter gigi. Saat lubang pada giginya sudah diatasi namun nyerinya masih ada, ada kemungkinan trigeminal neuralgia. dan silahkan datang ke klnik kami untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terimakasih

  11. Reply
    titi

    halo, mohon info untuk konsultasi dengan dokter dimanakah lokasinya?

    • Reply
      nyeriwajah

      Alamat klnik kami di : Arfa Neurofacial Pain Clinic
      RS Meilia, Lantai 2, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454
      Telp. 021 286 78 888.

    • Reply
      nyeriwajah

      Dokter kami ada di hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 09.00 – 13.00 wib. Terimakasih

  12. Reply
    Imawati Sutanto

    Saya hampir setengah tahun ini mengalami nyeri di pipi sebelah kiri lalu nyeri di atas telinga agak ke pelipis, kadang timbul pipi sepeerti kesetrum dan samapi terkejut sakit sekali. bagaimana penanganannya selain operasi karena saya kuatir ada efek sampingnya dan vitamin apakah yg dapat membantunya ? terima kasih.

    • Reply
      nyeriwajah

      Selamat siang, kondisi yang ibu alami identik dengan trigeminal neuralgia. Cara mengatasinya sekalin obat, bisa dengan tindakan radiofrekuensi ablasi di klnik kami. efektivitasnya juga sama dengan tindakan operasi MVD. silahkan datang ke klnik kami untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

  13. Reply
    julianto setiadi

    malam dokter. apakah trigeminal neuralgian dah 2 thn bisa di sembuhkan … mhn petunjuk.. sy lokasi bogor, kondisi dah lemah… kena pita suara dan sulit makan bubur biasa… hrs di saring.. wajah kena sampe narik ke daerah, kepala, mata, gusi, bahu,, leher . sebelah kanan semua . sampe wajah, mulut ketarik dan rasanya di tusuk2.. dan ke dokter syaraf dan dah mri 4x dan mrs 1 x .. mhn petunjuk dokter dan hrs bagaimana lg cara nya biar cepat hilang rasa sakitnya.. non stop sakit terus ini.. makasih.

  14. Reply
    Ranie

    Selamat sore

    Saya sdh nyeri wajah sekitar 3-4thn. Awal saya kira masalah pd gigi. Tp sdh 3thn sy rawat gigi utk mmbersihkan saraf. Tp ttp sakit. Dan drg sy sarani ke dr saraf. Dokter tsb mmberikan obat tegarol 200mg 2×1 selama 5 hari sy mkn. Alhamdulillah hilang. Tp klo sy rasakan..setiap saya makan menggunakan gigi sblah kiri.. psti slang bbrp hr sakit lagii. Sakitny mmg sprti kesetrum smpe ke mata.dan air mata sy smpe kluar. Kira2 klo dimedan ada g y dokter yg bs bantu?? Mhn bantuannya..spertinya mmlengaruhi mata sy..smpe penglihatan agak berkurang.trima kasih

    • Reply
      nyeriwajah

      Ketika nyeri teralalu sering menyerang kondisi ini dapat menyebabkan padangan yang kabur, terutama paska nyeri terjadi. Untuk menghilangkan nyerinya bisa dengan terapi radiofrekuansi di klnik kami. Biaya juga masih sangat terjangkau. Untuk di medan sepertinya belum ada. SIlahkan datang ke jakarta.

  15. Reply
    Hafizatul ulum

    Slamat pagi dok bermula dari cabut gigi atas karana sakit gigi stlah gigi ibu sy di cabut di dokter spesialis gigi bukannya sakit nya berhenti tapi malah tambah sakit bahkan sakitnya sampai dua jam kadang kadang datang dalam waktu yg berdkatan skrng ibu sy sakit nyeri smpai mnangis sudah 6 bulan ini ibu sy sakit nyri di wajah bagian kanan klo sakitnya datang wajahnya sblah kanan terasa terbakar sambil mnangis yg sakit giginya pipi sampai kpla x kami sudah sring broabt kspesialis saraf tapi masih sring sakit apalagi stlah mnum obat sakit nya sllu datang kata dokter itu efek samping obatnya kira2 bisa smbuh pnyakit ibu sy dok dan ada nggak obat yg efek samping x gk biat ibu sy sakit

    • Reply
      nyeriwajah

      Dari gejala yang disampaikan kemungkinan ibunda mengalami trigeminal neuralgia. ketika obat oral tidak memberikan hasil terapi, radiofrekuensi ablasi bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah trigeminal neuralgia sebelum terapi bedah dilakukan. Silahkan datang ke klnik kami untuk melakukannya. Terimakasih

  16. Reply
    Reagan

    Halo..istri saya sudah mengalami seperti ini krg lebih 3 bulan. Awalnya dr sakit gigi. Smp skrg masih sering mengeluh kebas di wajah, seperti di sentak2 dibagian wajah. Sudah kedokter, minum obat dan skrg sering sakit kepala sebelah kanan. Kalau pengobatan radio frekwensi apakah mahal? Dan butuh brp x terapi?

    • Reply
      nyeriwajah

      Radiofrekuensi masih sangat terjangkau, dibandingkan dengan open surgery. Biaya tindakan radiofrekuensi untuk trigeminal neuralgia sebesar 35 juta. Kapan rencana datang ke klnik kami? Terimakasih

  17. Reply
    James

    Apakah ada rekomendasi rumah sakit yg bisa menangani pengobatan lewat bedahnya di daerah sumatera utara?

    • Reply
      nyeriwajah

      Sepertinya belum ada di daerah sumatrea. sebaiknya datang ke jakarta ke tim dokter kami, baik dengan terapi minimally invasive atau dengan open surgery (MVD). terimakasih

  18. Reply
    Jaya

    Saya sakit Di bagian bawah gigi atau lebih tepat nya gusi, saya merasa saraf di bawah gigi ny mengencang dan berdampak pada sulit nya untuk bernafas, sudah periksa kedokter gigi dan mulut katanya tidak ada penyakit apa2, memang gigi saya baik2 saja bahkan tampak bagus dari luar tapi saraf yg tepat di bawah gigi terus mengencang, dan berpengaruh ke pernapasan, apakah mungkin ini termasuk TN?

    • Reply
      nyeriwajah

      Pak jaya Untuk nyeri di wajahnya apakah hanya di satu sisi saja atau bagimana? Nyeri akibat rigeminal neuralgia cirinya hilang timbul. Saat serangan nyeri terjadi waktunya antara beberapa detik hingga 2 menit dan hilang timbul. Saat ini yang bapak bagimana? terimakasih

      • Reply
        jaya

        Ya, rasa nyeri yang saya rasakan awal nya datang kadang- kadang bisa beberapa hari sakit dan kadang hilang juga, namun belakang ini lebih sering terasa bahkan dalam sehari bisa puluhan kali terasa dan rentan waktu nya juga lebih lama, rasa nyri tersebut seperti saraf yg menegang dan terlilit dan berdampak tubuh terasa lemah dan hilang nya nafsu makan, usia saya 50 tahun dan saya juga mengalami penyakit diabetes, Apakah saya termasuk mengidap penyakit TN? Pengobatan apa yg bisa saya lakukan dan berapa perkiraan biaya nya? Tera kasih

  19. Reply
    Bella

    Selamat malam, pada tanggal 12 juni 2019 saya melakukan odentektomi. Setelah 1 minggu saya cabut benang, saat masa pemulihan saya sempat mengkonsumsi makanan yang keras. Setelah lepas benang saya merasakan nyeri seperti saat gigi impaksi, saya telah berkonsultasi kepada drg yg menangangi odentektomi dan drg langganan saya. Kata drg langganan saya, saya didiagnosis tn dan diberi mecobalamin. Tetapi saya sama sekali tidak merasakan nyeri atau gejala tn yg dipaparkan di internet. Apakah saya memang terkena tn atau drgnya salah mendiagnosis? Mohon penjelasannya, terima kasih

    • Reply
      nyeriwajah

      Selamat malam ibu Bella? untuk nyerinya hanya di salah satu sisi wajah saja atau tidak? Ada riwayat konsumsi makanan yang keras dapat menyebabkan masalah pada sendi temporo mandibular joint (TMJ). Namun untuk memeastikannya dokter kami harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Silahkan datang ke klnik kami.

      • Reply
        Bella

        Nyerinya di sebelah kanan, karena saya odentektomi di ujung bawah. Saya tinggal di bandar lampung dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Book Online

Appointment Now