Nyeri Wajah Sebelah Kiri

Nyeri Wajah Sebelah Kiri
01Okt, 2018

Nyeri Wajah Sebelah Kiri Bukan Karena Sakit Gigi, Lalu Karena Apa ?

Apakah Anda pernah mengalami sakit separuh wajah atau Nyeri Wajah Sebelah Kiri. Mungkin saja Anda menderita trigeminal  neuralgia yang merupakan salah satu penyakit langka di dunia.

Trigeminal  neuralgia  atau TRIGEMINAL NEURALGIA adalah sakit yang disebabkan oleh sentuhan atau penekanan pembuluh darah pada saraf nomor lima, yaitu saraf nervus kranialis terbesar yang mengatur perasa wajah yang letaknya di sekitar batang otak.


Sakit TRIGEMINAL NEURALGIA dicirikan dengan suatu nyeri yang muncul mendadak, biasanya pada satu sisi rahang atau pipi. Bisa terjadi Nyeri Wajah Sebelah Kiri atau Nyeri Wajah Sebelah Kanan Pada beberapa penderita, mata, telinga atau langit-langit mulut dapat pula terserang. Pada kebanyakan penderita, nyeri berkurang saat malam hari, atau saat si penderita sedang berbaring.

Prevalensi penyakit ini diperkirakan sekitar 107,5 pada pria dan 200,2 pada perempuan per satu juta populasi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada sisi kanan wajah dibandingkan dengan sisi kiri (rasio 3:2), dan merupakan penyakit pada kelompok usia dewasa (dekade enam sampai tujuh). Di Indonesia,  jumlah penderi­ta TRIGEMINAL NEURALGIA diperkirakan mencapai 30.000 orang yang terdeteksi.

sekitar 10% kasus trigeminal neuralgia biasanya diderita oleh seseorang yang berusia diatas 40 tahun. Pasalnya, pada usia itu otak manusia akan mulai mengecil, sehingga secara anatomi akan menyebabkan perubahan posisi organ-organ yang ada di sekitarnya.

Bukan Sakit Gigi

Selama ini penderita TRIGEMINAL NEURALGIA selalu menduga gigi sebagai pemicu utama  sehingga  rata-rata penderita tidak keberatan ketika gigi-giginya yang diduga sebagai biang masalah itu dicabut. Bahkan, ada beberapa pasien tidak hanya belasan giginya yang dicabut tapi seluruh gigi sampai ompong.

Penyakit lang­ka ini sulit disembuhkan de­ngan cepat karena di dalam otak terdapat 12 pasang saraf, jika ter­ganggu akan timbul masalah. Beberapa keluhan yang dialami, yakni gangguan pada saraf  5, 7, dan 9. Jika saraf 5 terganggu, muncul nyeri pada hidung, wajah, dan gigi. Jika saraf 7 terganggu, wajah kejang sebelah (Hemi­fa­cial Spasm/HFS). Pada gang­guan ini tidak timbul nyeri, namun sebelah wajah, seperti tertarik ke sam­ping. Jika saraf 9 terusik, pen­derita akan kesakitan saat me­nelan.

Konsultasi Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *