Kenali Nyeri Wajah yang Bersumber dari Masalah Rahang Sakit

JAKARTA — Tulang rahang manusia juga bisa jadi sumber nyeri selain karena masalah gigi. Termasuk ketika tulang rahang sakit atau mandibular retak, ketika rahang bawah mengalami dislokasi, atau terlepas dari sendi dan berpindah dari posisinya.

Kedua cedera termasuk trauma wajah dan memiliki berbagai penyebab. Misalnya meregangkan rahang terlalu banyak, seperti saat menguap atau menggigit, juga dapat menyebabkan dislokasi.

Kedua cedera ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang parah pada rahang, wajah dan juga dapat membatasi pergerakan rahang.

Rahang yang rusak dapat menyebabkan memar dan bengkak di wajah, sementara dislokasi dapat menyebabkan rahang bawah menjadi tidak sejajar dengan tengkorak.

Perawatan untuk patah rahang tergantung pada tingkat keparahan cedera. Dalam kasus-kasus ringan, intervensi medis tidak diperlukan. Seorang dokter sering dapat merawat rahang yang terkilir dengan memposisikan ulang secara manual.

PENYEBAB RAHANG YANG RUSAK

Rahang sakit yang rusak atau terkilir dapat menyebabkan rasa nyeri yang parah dan membatasi gerakan. Para ahli medis menyebut rahang bagian bawah (mandibula) terpisah dari tengkorak. Mandibula terhubung ke tengkorak melalui sendi temporomandibular (TMJ), yang memungkinkan rahang membuka dan menutup.

Ketika tulang mandibula patah atau retak, cedera tersebut dapat mengakibatkan dislokasi rahang atau tanpa dislokasi rahang. Dislokasi rahang terjadi ketika mandibula terlepas dari satu atau kedua TMJ.

Maksila, atau bagian atas rahang, juga bisa pecah. Namun, dokter biasanya menganggap cedera ini sebagai fraktur wajah bukan rahang yang patah.

Trauma pada wajah juga dapat menyebabkan patah atau dislokasi rahang. Yang mana dari dua cedera ini yang terjadi tergantung pada lokasi trauma dan tingkat kekuatan. Trauma dapat memiliki banyak penyebab berbeda, seperti karena jatuh atau cedera olahraga.

Membuka mulut terlalu lebar adalah penyebab umum rahang terkilir. Ini dapat terjadi karena :
– Menguap
– Menggigit
– Muntah
– Prosedur perbaikan gigi.

Gangguan TMJ menyebabkan rasa sakit dan mempengaruhi pergerakan rahang. Orang dengan kelainan ini berisiko lebih tinggi untuk mengalami dislokasi rahang. Orang-orang yang pernah mengalami dislokasi rahang sekali juga berisiko tinggi mengalaminya lagi.

GEJALA RAHANG SAKIT PATAH

– Rasa nyeri di wajah atau rahang sakit.
– Rasa sakit saat menggerakkan rahang seperti membuka mulut atau mengunyah.
– Memar dan bengkak di wajah.
– Rasa kaku dan kesulitan menggerakkan rahang.
– Gigi copot.
– Rasa mati rasa dan kebas di wajah.
– Rahang bergerak ke samping saat membuka mulut.

Trauma wajah yang menyebabkan rahang patah juga dapat memengaruhi area wajah lainnya. Misalnya, cedera juga bisa merusak hidung, mulut, atau pipi. Ini dapat menyebabkan gejala lain lebih lanjut.

GEJALA RAHANG DISLOKASI

– Sakit di wajah dan rahang.
– Rahang bagian bawah tidak sejajr dengan bagian atas.
– Rahang terasa kaku dan sulit digerakkan.
– Sulit menutup mulut.
– Tidak seimbang rahang atas dan bawah sehingga sulit mengunyah.

PENGOBATAN

Rahang yang rusak dan terkilir seringkali membutuhkan perhatian medis segera. Sangat penting untuk menjaga rahang sampai menerima bantuan medis. Ini bisa dilakukan dengan memegang rahang secara manual di tempatnya atau menggunakan perban di sekitar kepala dan di bawah rahang.

Perawatan untuk rahang yang patah dan terkilir berbeda, seperti penjelasan berikut:

PERAWATAN RAHANG PATAH

Mengobati patah rahang sangat tergantung pada tingkat keparahan cedera. Retak tulang kecil seringkali sembuh dengan sendirinya, tanpa perlu intervensi medis.

Namun, dokter mungkin menyarankan seseorang minum obat penghilang rasa sakit untuk membantu meredakan ketidaknyamanan dan makan makanan cair atau makanan lunak untuk menghindari cedera yang semakin parah.

Istirahat intensif mungkin akan dibutuhkan usai intervensi medis atau pembedahan. Misalnya untuk pemasangan pelat logam atau kabel pada sisi rahang untuk menopangnya hingga sembuh.

Proses penyembuhan bisa memakan waktu beberapa minggu. Setelah periode ini, seseorang mungkin perlu melakukan beberapa latihan untuk memperkuat otot rahang yang telah tidak aktif selama berminggu-minggu.

PERAWATAN RAHANG SAKIT TERKILIR

Seorang dokter sering dapat merawat rahang yang terkilir dengan memposisikan ulang secara manual. Inilah yang oleh dokter disebut reduksi manual.

Untuk melakukan reduksi manual, dokter akan meletakkan ibu jari mereka pada punggung gigi bawah di dalam mulut.

Mereka akan menempatkan jari-jari mereka yang tersisa di bawah rahang. Dengan cengkeraman mantap pada rahang, dokter akan memindahkan mandibula kembali ke tempatnya.

Dalam beberapa kasus, dokter kemudian dapat menggunakan perban Barton. Ini adalah perban yang mendukung yang mengelilingi kepala dan rahang. Ini akan membantu membatasi pergerakan dan mendukung rahang hingga saat ia sembuh, dalam beberapa hari.

Pasien sangat disarankan agar tidak menguap untuk waktu tertentu setelah perawatan karena gerakan ekstrem rahang dapat menunda pemulihan atau menyebabkan cedera lebih lanjut.

Dalam kasus yang paling parah, pembedahan adalah pilihan. Misalnya, mengurangi ukuran ligamen di sekitar rahang dapat membantu mengencangkan sendi dan mencegah cedera lebih lanjut.

PROSES KESEMBUHAN

Untuk mencapai kesembuhan rahang terkilir dan dibanding lama waktu yang digunakan untuk pemulihan bisa sangat beragam. Tergantung pada tingkat keparahan cedera.

Ada beberapa kasus, setelah tindakan istirahat ringan sudah cukup membantu. Ada pula malah yang tanpa intervensi medis.

Tapi ada pula yang membutuhkan istirahat intensif dengan perangkat medis pendukung di sekitar rahang. Dalam hal ini proses penyembuhan bisa berlangsung dalam hitungan pekan atau bulan. Pembedahan juga dapat memperpanjang waktu untuk pemulihan penuh. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Book Online

Appointment Now