Nyeri Wajah, Apa Saja Penyebabnya ?

JAKARTA — Nyeri wajah bagi sebagian masyarakat awam terdengar asing. Banyak yang menduga ini akibat dari sakit gigi semata. Padahal tak selalu demikian. Nyeri wajah biasanya terasa di sebagian wajah di bagian mana saja termasuk di mulut dan mata. Meski ini hal yang normal setelah cedera atau sakit kepala, nyeri wajah juga bisa merupakan bentuk kondisi medis yang serius.

Sebagian besar dari nyeri wajah tidak berbahaya. Namun, jika Anda mengalami nyeri wajah yang tiba-tiba datang tanpa sebab, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Apa saja penyebab nyeri wajah?
Nyeri wajah bisa disebabkan mulai dari infeksi hingga kerusakan saraf di wajah. Penyebab nyeri wajah diantaranya:
-Infeksi mulut
-Bisul atau luka terbuka
-Abses atau terkumpulnya nanah di bawah kulit.
-Sakit kepala
-Cedera yang mengenai wajah
-Sakit gigi

Beberapa penyebab nyeri wajah lain yang lebih serius misalnya:
-Herpes zoster atau penyakit ruam saraf (shingles)
-Migrain.
-Sinusitis
-Infeksi sinus
-Kelainan saraf.

Pengidap nyeri wajah sering kali menggambarkan rasanya seperti kram, tertusuk-tusuk dan sakit yang sangat. Kadang-kadang rasa sakit dari bagian tubuh lain seperti telinga dan kepala, mungkin akan menyebar sampai ke wajah juga.

Apa saja tipe nyeri wajah?

Tipe sejati dari nyeri wajah sangat tergantung pada penyebabnya. Rasa nyeri dengan sensasi yang menumpulkan, dan sakit yang mendesak di bagian wajah atau di sekitar mulut biasanya karena masalah di mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, abses atau sariawan.
Jika Anda mengalami nyeri tipe ini segeralah menghubungi dokter gigi.

Nyeri yang berhubungan dengan sinusitis terasa seperti tekanan atau nyeri di bagian depan tulang pipi di bawah mata. Bisul dan luka terbuka di bagian dalam mulut juga kadang menembus ke luar rasa nyerinya. Sakit kepala dan cedera bisa menimbulkan rasa nyeri seperti tertusuk.

Karena bnayak penyebab dari nyeri wajah, segera hubungi dokter jika Anda mengalami nyeri yang sulit dijelaskan dan rasanya tak tertahankan.

Kapan Nyeri Wajah Jadi Kondisi Darurat?

Jika Anda mengalami nyeri wajah yang muncul tiba-tiba dan menyebar dari dada ke lengan kiri, segera hubungi dokter. Ini mungkin gejala dari serangan jantung.

Nyeri wajah sering kali bukan merupakan kedaruratan medis, dan Anda bisa mendapatkan perawatan saat konsultasi reguler dengan dokter/

Nah, saat mengunjungi dokter, pastikan Anda menyatakan hal berikut:

  • Bagian wajah mana yang nyeri
  • Seberapa sering Anda merasa nyeri
  • Tepatnya dari mana sumber nyeri berasal
  • Jenis nyeri seperti apa yang Anda rasakan
  • Seberapa lama nyeri tersebut berlangsung
  • Apa biasanya yang membuat nyeri mereda
  • Gejala lain apa yang dirasakan

Dokter mungkin akan melakukan test pencitraan, seperti X-ray atau MRI untuk melakukan diagnosis. Pencitraan ini akan kan berguna untuk mendiagnosis masalah pada tulang, otot dan jaringan. Dokter juga bisa menggunakan X-ray untuk memeriksa sinus.

Dokter juga mungkin akan melakukan uji sampel darah untuk memastikan jika terjadi infeksi. Jika berbagai gejala menunjukkan ada kemungkinan masalah di mata atau dokter khawatir akan kondisi jantung Anda, dokter mungkin akan meminta Anda melakukan tes tambahan.

Pilihan penanganan apa yang berhubungan dengan nyeri wajah?

Nyeri wajah umumnya akan hilang dengan sendirinya begitu diagnosis dan penanganan dilakukan secara efektif. Dokter akan memutuskan pilihan pengobatan berdasarkan kasusnya.
Nyeri yang disebabkan oleh infeksi seperti sinusitis, umumnya akan sembuh dengan antibiotik atau infeksi akan sembuh dengan sendirinya.

Jika nyeri wajah berasal dari infeksi virus seperti shingles mungkin berhubungan dengan peradaban. Dalam beberapa kasus, rasa nyeri akan hilang tanpa pengobatan dalam beberapa hari atau minggu. Dalam beberapa kasus, nyeri saraf mungkin akan terus ada sampai beberapa bulan. Resep obat antiviral seperti acyclovir dan valacyclovir mungkin akan mengurangi durasi peradangan, tapi dokter Anda mungkin menggunakan obat lain untuk mengatasi ini.

Jika nyeri wajah berasal dari masalah mulut, dokter gigi mungkin akan meresepkan antibiotik, pencabutan gigi, hingga pembedahan akar gigi.

Obat nyeri yang dijual bebas (Over The Counter — OTC) bisa untuk untuk mengobati nyeri wajah karena sakit kepala cluster atau migrain. Namun kadang nyeri wajah yang disebabkan oleh sakit kepala tidak selesai dengan obat yang dijual bebas. Oleh karena itu dokter mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *