Gejala Trigeminal Neuralgia

Gejala Trigeminal Neuralgia
01Okt, 2018

Gejala Trigeminal Neuralgia yang Paling Sering Terjadi Pada Tahap Awal

Trigeminal neuralgia ditandai dengan rasa nyeri. Biasanya nyeri muncul pada bagian pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Rasa yang timbul akibat nyeri ini juga terkadang dapat terasa pada mata dan dahi. Penderita trigeminal neuralgia sering merasa nyeri pada salah satu sisi wajah, meski kondisi ini juga dapat muncul pada kedua sisi wajah walaupun hal ini jarang terjadi.

Nyeri bisa terjadi secara spontan, tetapi lebih sering timbul karena tersentuhnya titik tertentu (titik pemicu) atau karena aktivitas tertentu (misalnya menggosok gigi atau mengunyah). Serangan ulang dari nyeri yang luar biasa bisa dirasakan di setiap bagian pada wajah bagian bawah. Nyeri paling sering dirasakan di pipi dekat hidung atau di daerah rahang. Nyeri bisa terjadi sampai 100 kali/hari dan yerinya dapat melumpuhkan.

Berikut ini gejala Trigeminal Neuralgia berupa :

  • Terasa serupa dengan tersengat listrik, tegang atau kram. Setelah serangan nyeri hebat mereda, penderita masih dapat merasakan nyeri ringan atau seperti terasa terbakar.
  • Penderita dapat merasakan sakit pada satu area wajah atau menyebar ke seluruh wajah,
  • Rasa nyeri dapat terjadi secara spontan atau dipicu gerakan tertentu, seperti bicara, tersenyum, mengunyah, menggosok gigi, mencuci muka, sentuhan lembut pada wajah, berdandan atau bercukur, berciuman, udara dingin, serta getaran pada wajah saat berjalan atau saat di dalam kendaraan.
  • Serangan nyeri ini dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit, dan seiring waktu akan semakin sering terjadi serta lebih parah.
  • Penderita dapat merasakan serangan trigeminal neuralgia secara teratur dalam beberapa hari, minggu, atau bulan. Kendati demikian, rasa nyeri dapat menghilang sementara dan tidak kambuh selama beberapa bulan atau tahun.

Jika terjadi gejala trigeminal neuralgia yang parah, penderita dapat merasakan serangan nyeri ini ratusan kali dalam waktu satu hari dan tidak berkurang. Semoga masyarakat dapat lebih tanggap dan waspada terhadap Bahaya Trigeminal Neuralgia.

Jika Anda Memiliki Keluhan Seputar Nyeri Wajah maupun Nyeri Tulang Belakang. Anda Bisa Menghubungi Kami 

Konsultasi Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *