Bahaya Trigeminal Neuralgia

Bahaya Trigeminal Neuralgia

Bahaya Trigeminal Neuralgia Bisa Buat Orang Ingin Bunuh Diri

Bahaya Trigeminal Neuralgia bukan isapan jempol belaka. Ternyata banyak orang yang ingin bunuh diri akibat nyeri trigeminal neuralgia.  Trigeminal neuralgia adalah sakit yang disebabkan oleh sentuhan atau penekanan pembuluh darah pada saraf trigeminal, Yaitu saraf nervus kranials terbesar yang mengatur perasa wajah yang letaknya di sekitar batang otak.

Nyeri ini menyerang 1 sisi wajah saja dan dari pemeriksaan tidak ditemukan kelainan klinik. Biasanya pasien sudah mendatangi beberapa dokter bahkan dokter spesialis. Tidak ada yang tahu apa penyebabnya, hingga akhirnya pasien merasa putus asa dan ingin bunuh diri.

Bahaya Trigeminal Neuralgia belum berhenti sampai disitu. Tak jarang banyak pula pasien yang akhirnya mendatangi paranormal atau menjalani pengobatan aneh dan tak masuk akal. Nyeri yang luar biasa dan sulitnya penanganan membuat banyak pasien yang sudah bertahun-tahun mengalami hal ini jadi putus asa dan ingin bunuh diri.

Pengobatan Trigeminal Neuralgia

Saat ini terapi radiofrekuensi ablasi merupakan salah satu solusi untuk pasien trigeminal neuralgia. Karakteristik klinis yang khas ditunjukan pada pasien trigeminal neuralgia yakni rasa sakit menusuk yang terjadi selama beberapa detik di bagian wajah. Namun demikian menurut dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, tidak semua nyeri wajah di saraf kranial 5 merupakan trigeminal neuralgia.

Para pakar nyeri di dunia berpendapat, Bahaya trigeminal neuralgia paling banyak di dapatkan pada cabang saraf trigeminal V2 dan V3 (32%). Bedah mikrovaskular dalam beberapa peneitian terbukti meningkatkan kualitas hidup pasien. Karena mampu mengatasi nyeri yang sebelumnya di derita dalam jangka panjang. Namun demikian teknik perkutan seperti radiofrekuensi juga terbukti memberikan hasil yang memuaskan. Dengan tingkat keberhasilan terapi mencapai 90%, dengan tingkat kekambuhan yang juga lebih tinggi dibaningkan teknik bedah mikro. Radiofrekuensi ablasi merupakan pilihan terapi terbaik dibandingkan bedah mikro. Terkait morbiditas dan mortalitas yang cukup tinggi saat harus dilakukan terapi menggunakan teknik bedah mikro.

Konsultasi Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Book Online

Appointment Now