11 Cara Memancing Bersin, Kuncinya di Saraf Trigeminal

JAKARTA — Ini kondisi yang rasanya sering menyebalkan. Ada ingin bersin, tapi sentakan yang memicu reflek itu tak muncul-muncul. Rasanya bisa sangat mengganggu. Ada yang menggambarkannya sebagai rasa gatal yang tak bisa digaruk, dan orang-orang yang mengidap alergi paling berisiko mengalami hal ini.

Berikut beberapa cara untuk membuat bersin segera muncul :

  1. Tekan lidah ke langit-langit mulut.

Saraf yang paling penting dalam pengendalian wajah adalah saraf trigeminal. Saraf ini menyebar di bagian mulut. Jika Anda bisa menstimulasi saraf ini, Anda mungkin bisa memicu bersin segera. Jadi cobalah untuk memijat bagian langit-langit mulut dengan lidah Anda.

Gunakan ujung lidah, dari depan hingga ke belakang sejauh mungkin hingga ke tenggorokan. Hingga bersin muncul pada saat itulah Anda menemukan saraf trigeminal.

  1. Pijat hidung Anda

Ini adalah cara lain menemukan saraf trigeminal. Yakni dengan memijat hidung dengan telunjuk dan ibu jari. Pijat bagian pangkal hidung hingga rasa gatal menjelang bersin semakin kuat. Begitu Anda menemukan titik yang tepat, mulailah memijat.

Catatan : metode ini mungkin lebih bermanfaat untuk pengidap influenza atau bersin karena alergi. Terkumpulnya lendir di hidung besar kemungkinan membuat Anda sulit bersin.

2. Rangsang lubang hidung Anda.

Anda juga bisa merangsang saraf trigeminal melalui lubang hidung. Ada bisa melakukannya dengan menggunakan kertas tisu yang digulung lancip. Dengan hati-hati gunakan tisu untuk menggelitik norstril atau rongga hidung. Biasanya saraf trigeminal akan bereaksi dan muncullah bersin.

3. Mencabut bulu hidung

Cara lain adalah dengan mencabut bulu hidung. Ya, bulu hidung memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan hidung, dan mencabutnya bisa memunculkan rasa perih. Tapi mengambil satu lembar saja bulu hidung masih aman dan akan langsung mengaktifkan saraf trigeminal. Mencabut bulu alis mata.

4. Mencabut bulu alis mata.

Mencabut bulu alis mata adalah cara lain untuk mencapai saraf trigeminal. Anda mungkin membutuhkan alat pencabut bulu mata untuk mendapatkan titik yang diinginkan.

5. Menggelitik bagian bawah hidung.

Gunakan bulu hewan yang bersih untuk memicu bersin. Pastikan gelitikan berada di hidung bagian bawah, di area lubang hidung, jangan sampai masuk ke rongga hidung

6. Gunakan aroma yang kuat.

Rempah dan parfum bisa memicu perasaan awal untuk bersin. Anda juga bisa menghidup aroma cabe dan beberapa jenis minyak esensial tertentu.

7. Cobalah cemilan yang pedas.

Makan makanan yang pedas bisa membantu untuk memicu hidung agar berair karena langsung mempengaruhi membran mukus. Makan makanan pedas adalah salah satu cara terbaik dan terenak untuk membersihkan hidung dari iritasi karena debu dan serbuk sari. Sup panas dan pedas juga bisa menghasilkan efek serupa.

8. Makan cokelat.

Anda bisa mencoba kanan coklat, terutama yang kandungan cokelatnya lebih dari 70 persen. Tak cukup jelas mengapa cokelat bisa memberikan efek ini pada beberapa orang, tapi layak dicoba kan? Orang yang jarang makan cokelat juga bisa mendapatkan efek ini pula.

9. Minum.

Minuman berkarbonasi seperti soda bisa membantu untuk memicu munculnya bersin saat proses bersin macet. Zat karbon dioksida akan menggelitik reseptor di lidah, terutama reseptor TRPA1. Tubuh Anda memiliki sensor reaksi yang kuat. Bersin adalah salah satu dari reaksi tersebut.

10. Menatap cahaya.

Menatap cahaya seperti sinar matahari misalnya bisa menjadi kunci solusi masalah bersin. Tapi ingat jangan melihat secara langsung. Ada mata yang harus Anda lindungi. Anda juga bisa mencoba dengan cahaya dari lampu. Pada sebagian orang menatap cahaya ini cukup aman.

Mengapa menatap cahaya bisa membuat Anda bersin? Jawabannya ada pada apa yang disebut sebagai Autosomal Dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst Syndrome, atau sindroma ACHOO. Mirip bunyi bersin ya?

Jika orang tua Anda memiliki sindroma ACHOO ini, 50 persen Anda menurunkan kemampuan bersin saat melihat cahaya.

11. Memasuki area bersuhu dingin.

Anda bisa memasuki area yang dingin atau menciptakannya dengan memasang pendingin ruangan sebentar. Perubahan temperatur akan memicu munculnya bersin.

Bagaimana mempertahankan bersin agar Anda sehat ?

Bersin itu menyehatkan. Bukan sekadar membersihkan rongga hidung dan pernafasan dari materi di udara yang tak diinginkan tubuh, tapi juga dalam prosesnya gerakan bersin akan membuat jantung berubah iramanya. Lalu memompa darah lebih kuat saat bersin terjadi.

Sayangnya di ruang publik, bersin kadang disalahpahami. Bersin bisa dianggap menarik perhatian. Tapi ada beberapa cara untuk menunda bersin jika diperlukan.

  • Pelajari pemicunya dan cobalah untuk menghilangkannya.

Bersin bisa jadi adalah respon atas partikel yang menganggu hidung Anda. Sekali Anda mengetahui masalahnya, Anda mungkin akan tahu bagaimana mencegahnya. Jika bersin Anda terus-menerus dan semakin intens bisa jadi itu adalah bentuk alergi yang harus segera ditangani.

  • Pejamkan mata.

Jika Anda mengidap sindroma ACHOO, jauhkan sumber cahaya yang bisa memicu hadirnya bersin.

  • Tiup hidung Anda.

Cara ini mungkin akan mengganggu jika dilakukan di depan publik. Tapi jika Anda bisa melakukannya dengan diam-diam, meniup hidung bisa sementara diam-diam lakukan saja.

Bersin tidak berbahaya.

Apakah bersin bisa berbahaya? Bersin memang tidak berisiko, tapi bisa sangat tak nyaman. Jika Anda cenderung sering bersin, Anda mungkin ingin tahu sebabnya. Sebagai contoh bersin yang berkesinambungan mungkin adalah gejala dari alergi yang berbahaya.

Lalu apakah menghentikan bersin sebelum terjadi bisa mengancam kesehatan? Dalam sebagian besar kasus memamg menahan bersin tidak masalah.

Namun ada beberapa kondisi yang harus jadi pertimbangan. Ada kasus dimana seorang pria mengalami robekan di tenggorokannya akibat menahan bersin. Beberapa kasus lain juga misalnya seolah pria yang tenggorokannya berlubang karena menahan bersin. Ada pula pria yang gendang telinganya robek karena menahan bersin. (***)

Konsultasi Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Book Online

Appointment Now